Header Ads

Breaking News
recent

Manfaat Olahraga Bersepeda

Olahraga sepeda menjadi salah satu olahraga favorit bagi sebagian orang dan sekaligus sebagai cara untuk berekreasi yang menyehatkan di akhir pekan. Dari waktu ke waktu semakin banyak saja orang-orang yang menyukai olahraga yang satu ini. Seiring perkembangan tersebut, semakin banyak pula bermunculan komunitas-komunitas bersepeda. Nah, apakah sesungguhnya manfaat olahraga sepeda? Bagi Anda yang belum mengetahui mengenai manfaat bersepeda, sebaiknya simak baik-baik manfaatnya berikut ini agar semakin bersemangat untuk rutin bersepeda.





1.     Menjaga berat badan tetap ideal
Seperti halnya jenis olahraga lainnya, olahraga bersepeda juga membantu membakar kalori dalam tubuh. Tetapi khusus untuk olahraga bersepeda, kalori yang dibakar bisa lebih banyak hanya dengan dengan mengayuh sepeda semakin cepat. Karena itulah bersepeda menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga berat badan tetap ideal ataupun menurunkan berat badan.
Jika dilakukan secara rutin paling tidak 30 menit setiap hari, maka dalam setahun sekitar 5,5 Kg lemak dapat dihilangkan dari tubuh. Selain itu kegiatan bersepeda yang dilakukan secara rutin juga mampu meningkatkan metabolisme pada tubuh yang akan mempengaruhi berat badan seseorang.
2.     Melatih koordinasi tubuh
Saat bersepeda, kaki dan tangan melakukan koordinasi. Kaki bertugas mengayuh, sedangkan kedua tangan berperan untuk mengendalikan kemudi sepeda. Hal inilah yang merupakan bentuk latihan koordinasi pada tubuh yang memberikan efek positif bagi tubuh.
3.     Panjang umur
Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Profesor Norman Lazarus dari King Collage London, bersepeda bisa menjaga kesehatan mental. Selain itu, olahraga sepeda mampu melibatkan lebih banyak sistem-sistem utama pada tubuh seperti jantung, paru-paru dan otot sehingga kesehatan tubuh dapat terjaga. Hal inilah yang membuat para pesepeda berpeluang besar memiliki umur yang lebih panjang daripada mereka yang tidak bersepeda.
4.     Menyehatkan jantung
Manfaat olahraga sepeda berikutnya yang sangat penting untuk diketahui adalah menyehatkan jantung. Kegiatan bersepeda secara rutin mampu menurunkan resiko penyakit jantung koroner. Selain itu, bersepeda mampu meningkatkan kesehatan pada pembuluh darah jantung dan juga kesehatan jantung. Karena itulah olahraga bersepeda sangat disarankan untuk dilakukan sejak usia muda untuk menghindari penyakit jantung sejak usia dini.
5.     Mengencangkan otot-otot
Bagi mereka yang ingin memiliki tubuh yang ideal, kencang dan padat, maka olahraga bersepeda menjadi pilihan yang tepat. Gerakan mengayuh saat bersepeda telah terbukti mampu mengencangkan otot-otot tubuh terutama di bagian paha, betis dan di bagian belakang tubuh. Fakta ini mematahkan anggapan sebagian orang bahwa bersepeda bisa membuat paha dan betis menjadi besar. Kenyataannya, bersepeda justru membuat paha dan betis menjadi ramping dan kencang. Khususnya untuk kaum wanita, kebiasaan bersepeda juga bisa membuat bokong tampak lebih seksi dan kencang.
6.     Menyehatkan mental
Bersepeda membuat orang berkesempatan melihat lingkungan di sekitarnya dan menikmati pemandangan baru. Hal ini membuat pikiran menjadi segar dan terhibur terlebih di tengah padatnya kesibukan kerja di sepanjang pekan. Saat bersepeda, orang juga terdorong untuk menebar senyum atau membalas senyuman ketika berpapasan dengan orang lain. Secara emosional hal sederhana tersebut bisa menimbulkan suasana menyenangkan di hati yang juga bisa berimbas pada kesehatan.
Nah, setelah mengetahui sederet manfaat olahraga sepeda bagi tubuh, tentu Anda semakin bersemangat untuk bersepeda, bukan? Tak hanya di akhir pekan saja, bersepeda juga bisa dilakukan setiap hari. Misalnya saja pergi ke kantor dengan bersepeda. Saat ini semakin banyak saja orang yang memilih sepeda sebagai alat transportasi karena dianggap praktis sekaligus menyehatkan.

1 comment:

Powered by Blogger.