Header Ads

Breaking News
recent

8 Jenis Helm Sepeda & Panduan Membelinya


tips membeli helm sepeda

Apa itu Helm Sepeda?

Helm sepeda berfungsi melindungi kepala dari cedera saat Anda terjatuh dari sepeda.
Sebuah helm yang baik akan memberikan keseimbangan pada sisi keamanan, ventilasi dan kenyamanan.
Berbagai inovasi telah dibuat oleh desainer untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pada produk helm sepeda.
Berbagai helm dilengkapi dengan berbagai sisipan bantalan yang membantu Anda menyesuaikan helm agar pas dipakai.

Helm yang Pas

Memiliki helm yang pas penting untuk keselamatan Anda. Cara mengukur ukuran kepala untuk helm adalah dengan menggunakan pita pengukur.
Ukur lingkaran kepala di sekitar 1 inci (2,5 cm) di atas alis (dahi) Anda. Lakukan beberapa kali untuk memastikan Anda mendapatkan ukuran yang benar.
Tersedia pula helm sepeda khusus wanita dengan skema warna yang berbeda dengan versi laki-laki dan dengan pengukuran internal yang lebih kecil.
Kebanyakan helm berukuran 3 dianggap sebagai unisex, sehingga cocok untuk kedua gender. Sedangkan helm uni-size tersedia baik untuk pria dan wanita.

Jenis Helm Sepeda

1. Road
Helm road terutama dirancang digunakan untuk mengendarai sepeda di jalan, meskipun dapat digunakan untuk berkendara di tempat lain.
Top level helm road dibuat ringan dan menawarkan ventilasi dan perlindungan memadai.
helm road
2. Helm Aero Road
Helm aero road merupakan persilangan antara helm time trial dan helm vented road.
Jenis helm ini dirancang untuk memberikan kemudahan gerakan, ringan dan ukuran yang kompak tetapi juga memberikan keuntungan aerodinamis.
helm aero road
3. Time Trial
Helm time trial dirancang untuk balapan. Tujuan utama helm jenis ini adalah memberikan fitur aerodinamis serta perlindungan saat Anda berpacu dengan waktu.
helm time trial
4. Helm Sepeda Gunung
Helm sepeda gunung dirancang untuk menawarkan perlindungan ekstra, retensi dan ventilasi untuk membantu Anda memenuhi tantangan bersepeda di medan off-road.
helm mountain bike
5. BMX
Helm BMX memiliki dua desain utama: full face dan open face. Helm full face menawarkan perlindungan maksimal saat melakukan balap BMX.
Helm open face (skate style) lebih umum digunakan untuk mengendarai BMX di medan datar atau off road.
helm BMX
6. Leisure
Helm leisure (rekreasi) tersedia bagi Anda yang ingin memiliki helm yang tampak keren, tetapi mungkin tidak berbobot terlalu ringan, atau memiliki ventilasi maksimal serta fitur balap.
helm leisure
7. Kids & Youth
Helm kids & youth terutama cocok digunakan oleh anak-anak dan remaja.
Helm ini dilengkapi dengan fitur keselamatan standar dan memiliki berbagai skema warna menarik yang dirancang untuk mendorong pengendara agar menggunakannya.
helm kids and youth
8. Full Face
Helm full face menawarkan perlindungan maksimum. Helm jenis ini ideal untuk balapan pada jalur menurun dan balapan off-road agresif yang menawarkan perlindungan ekstra untuk dagu, gigi, dan pipi.
helm full face

Tips Memilih Helm Sepeda

> Keselamatan
Keselamatan adalah yang terpenting. Pastikan memilih helm sepeda yang memiliki sertifikat standar keselamatan seperti SNI dan standar internasional lainnya.
> Ventilasi
Semakin baik ventilasi pada helm, kepala akan terasa lebih dingin. Pada helm jenis road, ventilasi dirancang untuk memungkinkan udara mengalir melewati helm dan keluar melalui ventilasi belakang.
Sedangkan pada helm sepeda gunung, ventilasi dirancang untuk bekerja seperti cerobong asap, yang memungkinkan udara panas mengalir secara vertikal.
> Tali Pengikat Dagu
Tali pengikat dagu harus pas saat dipasang dengan tetap memungkinkan Anda membuka mulut untuk makan atau minum dari botol.
Bagian atas tali helm dianggap ideal ketika membentuk seperti huruf V tepat di bawah cuping telinga.
> Bantalan (Padding)
Bantalan membuat helm terasa nyaman saat dipakai sekaligus membantu menyerap keringat.
Banyak helm memiliki bantalan yang bisa dilepas sehingga memudahkan saat mencuci dan membersihkannya agar tetap higienis.
sumber:www.trenzet.com

No comments:

Powered by Blogger.